Hamas Rayakan Berdirinya di Tepi Barat




Ribuan orang merayakan 25 tahun berdirinya Hamas di kota Nablus, hari Kamis (13/12/2012). Ini merupakan perayaan pertama dan terbesar yang digelar Hamas di Tepi Barat sejak 2007, setelah Otoritas Palestina yang memerintah Tepi Barat mengizinkan Hamas menggelar aksi massa.

Kebijakan ini dipandang sebagai tanda bahwa persekutuan di antara Hamas dan Fatah semakin membaik.

Sebelumnya perpecahan terjadi antara Fatah selaku penguasa Otoritas Palestina dengan Hamas yang memenangkan pemilu tahun 2006. Hamas kemudian berkuasa di Gaza setahun kemudian.

Sejumlah pengamat menilai, ada indikasi tensi di antara faksi telah berkurang, terutama setelah konflik delapan hari antara Hamas dan Zionis Israel bulan lalu.

Pekan lalu, para pemimpin Fatah juga menghadiri perayaan saat pemimpin politik Hamas, Khalid Misy’al untuk pertama kalinya mengunjungi Gaza.

Dalam aksi massa Kamis itu ribuan pendukung Hamas turun ke jalan-jalan kota Nablus dengan membawa spanduk bertuliskan, ''Hamas, kalian adalah senjata dan kami adalah amunisinya''. Juga tulisan, “Hamas, luncurkan lebih banyak roket ke Tel Aviv”.  Demikian laporan AFP.

Sejumlah wanita mengarak model dari roket Hamas yang digunakan dalam pertempuran delapan hari bulan lalu.

Pemimpin Fatah Amin Makboul memuji Hamas untuk ''keteguhan'' dalam pertempuran terakhir dengan Zionis Israel.

"Kemenangan di Gaza adalah kemenangan besar bagi semua rakyat Palestina,'' katanya dalam aksi di Nablus.*

Rep: Insan Kamil
Red: Syaiful Irwan